27/02/17

Cara Memakai Kerudung Pashmina Dengan Mudah Beserta Tutorialnya

Cara Memakai Kerudung Pashmina - Kerudung Pashmina sangat familiar di kalangan santriwati maupun ibu-ibu pengajian di Indonesia. Beberapa perempuan keturunan Arab di Indonesia juga lebih menyukai memakai pashmina disbanding jilbab. Biasanya, mereka memadupadankan pashmina dengan bawahan berupa gamis hitam. Hal ini sering kita jumpai di beberapa perkampungan Arab di tanah air seperti di Condet (Jakarta), Ampel (Surabaya) hingga di Kampung Arab (Pontianak).

Kata pashmina sendiri berasal dari bahasa Persia yang berarti kain wool. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat pashmina di Timur Tengah sebagian besar terbuat dari bahan khasmir yang lembut dikombinasikan dengan sutra sehingga harganya cukup mahal. Di Indonesia, pashmina juga dibuat dari kain shifon yang licin. Kerudung Pashmina memiliki bentuk persegi panjang layaknya selendang pada umumnya. sebagian besar polos tanpa motif.


 Cara Memakai Kerudung Pashmina Dengan Mudah 

1+ Cara Memakai Kerudung Pashmina Dengan Mudah 




Jenis Kerudung Pashmina


Beberapa jenis kerudung pashmina yang sering digunakan:


  •  Pashmina Syal merupakan jenis kerudung pashmina yang pertama. Mulanya,  pashmina ini memang digunakan sebagai penutup leher atau syal. Kini pashmina syal juga dapat menjadi kerudung atau jilbab. Jenis kerudung pashmina ini cukup digemari wanita muslimah karena motif yang bervariasi dan warna-warna yang cerah.

  • Pashmina Rajut adalah jenis kerudung pashmina yang unik dengan model seperti jaring dan umumnya mempunyai warna yang cantik sehingga cocok dikenakan untuk acara kasual atau ke kampus.

  • Pashmina Rawis identik dengan tampilannya yang unik. Pashmina model rawis umumnya sedikit kusut namun tetap terlihat indah saat dipadukan dengan berbagai macam model pakaian.

  • Pashmina Sifon meski bahannya licin, susah dibentuk, dan sedikit panas ketika disetrika, namun banyak kaum muslimah yang menyukainya. Jenis kerudung pashmina yang dibuat dari bahan sifon terlihat sangat indah saat dikenakan dan kesannya mewah sehingga cocok dikombinasikan dengan berbagai macam busana. kelemahannya, bahan sifon ini sensitif dan mudah sobek jika tidak dirawat dengan hati-hati. Disarankan  mencuci bahan sifon dengan tangan dan menggunakan sabun mandi yang lembut.

  • Pashmina spandek atau lycra adalah jenis kerudung pashmina yang sangat nyaman dipakai karena tidak panas. Bahan spandek ini seperti bahan pakaian renang. Ia dapat disesuaikan dengan bentuk kepala si pemakai.

Sebelum memakai kerudung pashmina, siapkan bros, jarum pentul/ peniti, serta dalaman berupa model ciput/ ninja ataupun dalaman biasa.

 Cara Memakai Kerudung Pashmina Dengan Mudah 


Cara Memakai Kerudung Pashmina



1.Sebelum memakai kerudung pashmina, sebaiknya kenakan dalaman terlebih dahulu. Karena bahan pashmina yang lebih licin dari jilbab pada umumnya sehingga rambut lebih sering nampak. Siapkan beberapa buah jarum pentul/ peniti. Bisa juga dengan bros ukuran kecil.

2.Tarik ujung sisi kiri pashmina sehingga jauh lebih pendek dari sisi kanan dan sematkan dengan jarum atau peniti agar tidak mudah lepas.

3. Sematkan peniti/ jarum pentul tadi di bawah dagu, di atas kepala, dan dililitan yang menutupi bagian dagu dan leher.

4.Ambilah bros agak besar dan sematkan di bagian pashmina yang menutupi dada atau di bagian leher.

Pashima dapat dikenakan untuk acara formal maupun informal, seperti ke kampus, ke kantor, pengajian, maupun ke undangan pernikahan. Bisa memakai bawahan gamis atau baju muslim lainnya. Anda juga dapat meniru beberapa perempuan keturunan Arab di Indonesia sering memakai pashmina bermotif polos atau dari bahan shifon yang terkesan lebih elegan, dan dipadukan dengan gamis berwarna hitam polos atau dengan hiasan manic berwarna putih yang akan semakin membuat Anda terlihat lebih anggun. Selamat mencoba.
Load disqus comments

0 komentar