05/06/17

Tips Cara Merawat Jilbab Segi Empat Agar Tetap Awet

Tips Cara Merawat Jilbab Segi Empat Agar Tetap Awet - Model jilbab segi empat sudah ada sejak lama. Dahulu model jilbab ini paling populer dan sering digunakan. Namun kala itu kesan lebih simpel masih lebih tampak daripada saat ini. Beberapa tahun belakangan, tren gaya jilbab segi empat sangat menarik untuk dikreasikan, terlebih untuk berbagai acara seperti pernikahan, wisuda, pesta atau untuk bersantai.

Pengguna jilbab segi empat memang cukup banyak. Selain sederhana, simpel atau praktis, penggunaan jilbab model ini akan menampilkan kecantikan alami bagi wanita muslimah berhijab. Bila dulu model jilbab ini hanya memiliki motif sederhana kini berbagai model dan motif jilbab lebih banyak mewarnai.

Corak jilbab yang ramai dan warna mencolok kini lebih banyak diminati. Berbagai pilihan kain pun turut mewarnai kreatifitas jilbab segi empat saat ini mulai dari jilbab katun, polyester, satin dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:




Tips Cara Merawat Jilbab Segi Empat Agar Tetap Awet

Tips Cara Merawat Jilbab Segi Empat Agar Tetap Awet


Bagi anda wanita muslimah berhijab, pasti menyimpan banyak koleksi jilbab di rumah. Seperti halnya pakaian, jilbab juga harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan rapi. Jilbab juga harus dicuci bersih agar kotoran akibat keringat dan debu bisa hilang. Mencuci jilbab juga harus dilakukan secara rutin terlebih jilbab yang sering kita gunakan. Agar lebih rapi, jilbab juga harus disetrika biar tidak terlihat kucel. Nah setelah dicuci dan di setrika, jilbab sebaiknya di lipat dengan benar agar bisa dikenakan kembali.

Tidak semua jenis jilbab dapat dirawat dengan sama. Contoh misalnya jilbab dengan kain tipis memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah kusut ketika akan dikenakan atau warnanya menjadi pudar apabila terlalu sering dicuci. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka yang terjadi adalah kain jilbab akan mudah rusak atau robek.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ada beberapa tips dan cara bagaimana merawat jilbab segi empat agar tetap awet dan nyaman digunakan.

1. Hindari penggunaan detergen

Ketika mencuci, hindari penggunaan detergen karena dapat merusak serat harus pada jilbab paris. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan sabun mandi atau shampoo untuk mencucinya. Jangan gosok terlalu keras jilbab dengan sikat baju terlebih untuk jilbab berkain tipis.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung

Sebelum proses pencucian selesai, kucek perlahan lalu bilas dengan air bersih. Setelah proses mencuci selesai, agar jilbab segi empat tidak mudah kusut, saat dijemur jilbab sebaiknya digantung dengan hanger. Jangan menjemur jilbab secara langsung di bawah sinar matahari agar warna tidak cepat pudar. Cukup dengan mengangin-anginkan saja.

3. Suhu setrika jangan terlalu panas

Ketika proses setrika berlangsung, jangan gunakan suhu yang terlalu panas. Jangan terlalu banyak melipat kain jilbab ketika menyetrika, karena justru akan membuat jilbab terlihat tidak rapi dan terlihat kotak-kotak. Lipat beberapa bagian saja, boleh dua atau tiga saja.

4. Setrika dengan perlahan

Perhatikan juga bagaimana anda menyetrika, bila terburu-buru, hasilnya juga tidak akan maksimal, dan jilbab pun masih akan terlihat kusut. Bila kain jilbab sangat tipis bisa lapisi bagian atas jilbab dengan kain lain atau kertas.

5. Simpan dengan keadaan bersih

Dan terakhir jangan lupa simpan jilbab segi empat dalam keadaan bersih. Bila sudah terlanjur memakai jilbab sekali saja, anda bisa menggantungnya kembali di dalam lemari. Bila anda menggantungnya di luar lemari atau menumpuknya bersama dengan pakaian lainnya maka jilbab akan mudah kotor oleh debu.

Itulah beberapa tips cara merawat jilbab segi empat yang benar. Cara ini juga bisa diterapkan untuk model jilbab lainnya seperti jilbab pashmina ataupun jenis model hijab yang lain.Semoga dengan membaca artikel kali ini dapat memberikan Anda informasi beharga sehingga dapat dipraktekan pada kehidupan sehai-hari..

Load disqus comments

0 komentar